Al-qur'an |
Tahap pertama : Belajar Tilawah (membaca)
Tujuan tahapan ini adalah mempersiapkan siswa agar dapat membaca Alqur’an dengan lancar. Materi yang akan diperoleh di tahapan ini adalah materi dasar meliputi pengenalan dan penguasaan huruf arab beserta makhrojnya, bacaan panjang/pendek, praktek sifat-sifat huruf (seperti qolqolah dan hams), bacaan dengung, pengenalan tanda waqof dan praktek pembacaan ayat-ayat pendek.
Metode IQRO’ karena metode ini menyajikan pelajaran yang sistematis dengan latihan yang cukup memadai.
Tahap kedua : Tahsin (membaguskan bacaan)
Tujuan tahapan ini adalah mempersiapkan siswa agar dapat memahami ilmu tajwid dan prakteknya secara baik. Tahapan ini adalah tahapan lanjutan dari tahapan belajar tilawah. Kemampuan membaca Alqur’an yang telah diperoleh di tahapan belajar tilawah akan semakin baik dan berkualitas dengan pengetahuan dan praktek ilmu tajwid. Tahapan ini sangat penting dan harus diikuti oleh siswa yang berkeinginan kuat untuk menghafal Alqur’an.
Tahap ketiga: : Tahfidh (menjaga/menghafal)
Tahapan ini adalah tahapan bimbingan agar siswa dapat menghafal Alqur’an. Siswa yang dapat mengikuti tahap ini adalah siswa yang telah lulus tahap tahsin. Bila siswa belum lulus program tahsin namun telah mengikuti program ini, maka dikhawatirkan hafalannya akan keliru dan sia-sia.