Senin, 26 Januari 2015

Bentuk-bentuk pengajaran dengan metode Iqro’

belajar membaca Alquran
Belajar Membaca Al-qur'an
TK Al-Qur’an
TP Al-Qur’an
Digunakan pada pengajian anak-anak di masjid/musholla
Menjadi materi dalam kursus baca tulis Al-Qur’an
Menjadi program ekstra kurikuler sekolah
Digunakan di majelis-majelis taklim

Kelebihan:
Menggunakan metode CBSA, jadi bukan guru yang aktif melainkan santri yang dituntut aktif.
Dalam penerapannya menggunakan klasikal (membaca secara bersama) privat, maupun cara eksistensi (santri yang lebih tinggi jilid-nya dapat menyimak bacaan temannya yang berjilid rendah).

Komunikatif artinya jika santri mampu membaca dengan baik dan benar guru dapat memberikan sanjungan, perhatian dan peng-hargaan.
Bila ada santri yang sama tingkat pelajaran-nya, boleh dengan sistem tadarrus, secara bergilir membaca sekitar dua baris sedang lainnya menyimak.
Bukunya mudah di dapat di toko-toko.